Sabtu, 22 September 2012

Pengertian Dasar UTP Teknis Pembuatan Kable UTP

Pengertian Dasar UTP Teknis Pembuatan Kable UTP

Kabel UTP itu adalah kabel khusus yang digunakan untuk transmisi data. UTP singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral atau saling berlilitan dan dipisahkan oleh lapisan pelindung. Tipe kabel ini semata-mata mengandalkan efek konselasi yang diproduksi oleh pasangan-pasangan dawai,untuk membatasi degradasi sinyal yang disebabkan oleh EMI dan RFI.
UTP digunakan sebagai media networking dengan impedansi 100 Ohm. Karena UTP memiliki diameter eksternal 0.43 cm, hal ini menjadikan UTP mudah saat instalasi.UTP juga mensupport arsitektur-arsitektur jaringan pada umumnya sehingga menjadi sangat popular.
Kabel UTP memiliki banyak keunggulan. Selain mudah dipasang,ukurannya kecil, juga harganya lebih murah jika dibandingkan dengan media lain. Satu kekurangan dari kabel UTP adalah rentan terhadap efek interferensi elektris/elektromagnetik yang berasal dari media atau perangkat-perangkat di sekelilingnya.
Meski begitu,pada prakteknya banyak para administrator jaringan banyak menggunakan kabel ini sebagai media yang efektif dan cukup diandalkan.
Di dalam kabel UTP ini ada 8 buah kabel, namun hanya 4 buah saja yang digunakan untuk instalasi jaringan dan juga untuk mengirim dan menerima data (Ethernet).Perangkat­perangkat lain yang berkenaan dengan penggunaan jenis kabel ini adalah konektor RJ-45 dan HUB.
Standar EIA/TIA 568 menjelaskan spesifikasi kabel UTP sebagai aturan dalam instalasi jaringan computer. EIA/TIA mengunakan istilah kategori untuk membedakan beberapa tipe kabel UTP,kategori untuk twisted pair ,yaitu pada Standar Warna dalam kabel UTP :

Standar Warna Dalam Pembuatan Kable LAN:

 

Ada 2 Standart warna dalam membuat Kabel LAN :

  1. 568A (lihat Disamping )
  2. 568B (lihat Disamping )

 

Pemasangan Kabel UTP

Ada dua jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan pada jaringan local, ditambah satu jenis pemasangan khusus untuk cisco router, yakni :
  1. Pemasangan Lurus (Straight Through Cable)
  2. Pemasangan Menyilang (Cross Over Cable), dan
  3. Pemasangan rol/melingkar (Roll Over Cable)

CROSS  CABLE


 Berbeda dengan pemasangan kabel lurus (straight through) , pengunaan kabel menyilang ini digunakan untuk komunikasi antar komputer (langsung tanpa HUB), atau dapat juga digunakan untuk meng-cascade HUB jika diperlukan. dan jaringan yang mengunakan cable cross sering disebut juga Pear to Pear. Sekarang ini ada beberapa jenis HUB yan dapat di-cascade tanpa harus mengunakan kabel menyilang (cross over),tetapi juga dapat menggunakan kabel lurus.

STRAIGHT THROUGHT CABLE

Jenis ini digunakan untuk menghubungkan beberapa unit komputer melalui perantara Switch/HUB yang berfungsi sebagai konsentrator maupun repeater. Pengunaan kabel UTP model straight through pada jaringan lokal biasanya akan membentuk topologi star (bintang) atau tree (pohon) dengan HUB/switch sebagai pusatnya. Jika sebuah HUB/switch tidak berfungsi,maka seluruh kompter yan terhubung denan HUB tersebut tidak dapat saling berhubungan.

Pengunaan HUB harus sesuai dengan kecepatan dari Ethernet Card yang digunakan pada masing-masing komputer


ROLL OVER CABLE

Pada sisttem CISCO,ada satu cara lain pemasangan kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan sebuah terminal dan modem Cisco Router seri 2500 Access Server. cara ini disebut dengan Roll-Over. Kabel Roll-Over tersebut sebelumnya terkoneksi dengan DB-25 Adapter.
Untuk mengenali sebuah kabel roll-over adalah dengan melihat kedua ujung kabel. Warna kabel dari sisi yang satu akan berbalik pada sisi kabel di jung yang lain. Misalnya kabel putih orane yan berada pada pin 1 ujung kabel A akan berada pada pin 8 ujung kabel B.

 


Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Kable LAN

Peralatan Yang Di gunakan Untuk Membuat Kable Lan Pada Umumnya terdiri dari:
  1. Tang Crimping
  2. Cable UTP
  3. LAN TESTER
  4. RJ45
Untuk Lebih Jelas Mengenai Bentuk Dari Alat tersebut dapat Dilihat Pada Gambar dibawah ini:





Semoga Dari Tulisan saya Yang sederhana Ini dapat Bermanfaat Bagi Orang lain. Dan terimakasih yang telah mampir.










Sumber dari http://sayyidassegaf.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman